Cara Saya Membedakan E-commerce Dan Marketplace - By Woburn Fcu - Woburn Fcu

Cara Saya Membedakan E-commerce Dan Marketplace - By Woburn Fcu

Woburn Fcu - Memulai ide bisnis digiat sekarang bisa melalui e-commerce ataupun marketplace, dan sudah ramai dilakukan oleh para pebisnis diluaran sana. Tetapi, apakah e-commerce dan marketplace ini sama? jawbannya adalah tidak sama.

E-commerce ialah penyebaran, pembelian, penjualan, serta pemasaran barang atau jasa yang sangat mengandalkan sistem memakai elektronik, contohnya seperti internet, TV, atau jaringan tenknologi lainnya.

Dan seringkali, orang-orang diluaran sana menyamakan bahawasanya e-commerce adalah marketplace. Namun keduanya ialah dua hal yang sangat berbeda. Marketplace tersebut merupakan salah satu dari model e-commerce.


Cara Saya Membedakan E-commerce Dan Marketplace


Kemudian marketplace  ialah sesuatu platform dimana memiliki tugas-tugas seperti perantar anatara penjual dan pembeli buat melakukan proses transaksi produk secara online.

Dan seringkali, orang-orang diluaran sana menyamakan bahawasanya e-commerce adalah marketplace. Namun keduanya ialah dua hal yang sangat berbeda. Marketplace tersebut merupakan salah satu dari model e-commerce.

Di dalam negri (Indonesia), Terdapat beberapa marketplace besar, contohnya seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan masih banyak yang lainnya, Dengan itu menggunakan platform ini, akan banyak mempermudah yang bisa anda lakukan.

Lalu apa saja perbedaan dari e-commerce dan marketplace ini? Dengan kamu membaca artikel ini, mari kita kenali apa saja perbedaan e-commerce dan marketplace:


Pengertian Marketplace

Didalam marketplace, penjual bolehh memasarkan produk ataupun jasa yang dimana mereka tawarkan terhadpa calon pembeli yang berada diberbagai lokasi, kemudian sedangkan pembeli tersebut dapat mecari produk ataupun  jasa yang mereka perlukan dari berbagai penjual yang ada didalam marketplace tersebut.


Marketplace adalah sebuah platform atau tempat dimana para penjual maupun pembeli dapat melakukan transaksi berjualan secara online.

Didalam marketplace, penjual bolehh memasarkan produk ataupun jasa yang dimana mereka tawarkan terhadpa calon pembeli yang berada diberbagai lokasi, kemudian sedangkan pembeli tersebut dapat mecari produk ataupun  jasa yang mereka perlukan dari berbagai penjual yang ada didalam marketplace tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Digital

Biasanya marketplace menawarkan barbagai fitur dimana untuk memudahkan transaksi jual, beli, seperti fitur searching produk, ulasan dan penilaian dari pembeli, serta metod pemabayaran dan pengiriman yang sangatlah aman dan terpercaya.

Juga memberikan kemudahan bagi para penjual dalam memasarkan produk mereka karena mereka sendiri tidak perlu lagi untuk memiliki toko secara fisik ataupun infrastruktur yang sangatlah besar, dengan itu bisa membantu para penjual untuk mengeluarkan modal operasional yang sangatlah rendah.

Pengertian E-commerce

E-commerce atau Electronic Commerce ialah proses pembelian dan penjualan produk atau jasa secara online melalui internet. Dalam bisnis E-commerce, transaksi juga dapat dilakukan melalui platform seperti web, aplikasi, ataupun media social.


E-commerce atau Electronic Commerce ialah proses pembelian dan penjualan produk atau jasa secara online melalui internet. Dalam bisnis E-commerce, transaksi juga dapat dilakukan melalui platform seperti web, aplikasi, ataupun media social.

E-commerce juga telah menjadi salah satu bentuk perdagangan yang sangat paling populer di era digital saat ini. Customer dapat membeli produk ataupun jasa dari seluruh dunia hanya dengan klik pada ponsel atau laptop mereka.

Dengan contoh, seorang customer di singapur dapat membeli produk dari toko online di Indonesia, kemudian produk akan dikirim langsung ke alamat customer yang tercantum disistem e-commerce tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Digital Agency

E-commerce juga tidak hanya mempermudah dalam berbelanja, Namun juga mempermudah keuntungan bagi para penjual. Mereka juga dapat menjual berbagai produk mereka ke seluruh pelosok dunia tanpa harus membuka ruko di setiap tempatnya.

E-commerce juga selain itu, memungkinkan para penjual untu mengelola stok mereka dengan lebih efektif, karena mereka juga dapat memantau perimntaan customer secara rutin ataupun menyesuaikan stok mereka sesuai kebutuhan yang ada.


Nahh, itulah perbedaan dan pengertian tentang e-commerce dan marketplace semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, tunggu saya di artikel yang lainnya.

Thanksyou.......

0 Responses to "Cara Saya Membedakan E-commerce Dan Marketplace - By Woburn Fcu"

Post a Comment

I will try to revisit your blog.
Comments containing active links and SPAM will not appear

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel