5 Pekerjaan Markketing Digital yang Paling Dibutuhkan di Era Digital - Woburn Fcu

5 Pekerjaan Markketing Digital yang Paling Dibutuhkan di Era Digital

Woburn Fcu - Dalam era digital saat ini, kehadiran online perusahaan sangat penting untuk tetap relevan dan bersaing di pasar. Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas online perusahaan adalah dengan menerapkan digital marketing, yang merupakan penerapan media digital, data, dan teknologi yang terintegrasi dengan komunikasi konvensional untuk mencapai tujuan pemasaran.

Sebagian besar perusahaan di seluruh dunia telah menggunakan digital marketing untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas, jadi perlu untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam hal digital marketing dengan merekrut ahlinya. Akibatnya, semakin banyak lowongan kerja di bidang digital marketing, dengan prospek kerja yang semakin menjanjikan.


5 Pekerjaan Markketing Digital

Dalam era digital saat ini, kehadiran online perusahaan sangat penting untuk tetap relevan dan bersaing di pasar. visibilitas online perusahaan


Apa jenis pekerjaan di bidang digital marketing yang sangat dicari saat ini? Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan di bidang digital marketing, bersama dengan penjelasan lengkap tentang tanggung jawab, keterampilan, dan kompensasi yang terkait dengan posisi tersebut.


SEO Specialist

Emeritus menyatakan bahwa tugas utama seorang spesialis SEO adalah menemukan kata kunci yang sedang populer yang terkait dengan merek yang digunakan orang saat melakukan pencarian di mesin pencari dan membuat daftar kata kunci untuk dimasukkan ke konten web sehingga situs web menerima banyak pengunjung dan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Selain itu, seorang spesialis SEO juga bertanggung jawab untuk melakukan analisis kompetitor, memantau peringkat kata kunci, dan mengoptimalkan struktur situs web agar lebih ramah mesin pencari. Keterampilan yang diperlukan untuk posisi ini termasuk pemahaman yang kuat tentang algoritma mesin pencari, kemampuan analisis data, dan keahlian dalam penggunaan

Menurut laman Semrush, seorang spesialis SEO harus memiliki kemampuan untuk menganalisis dan menafsirkan data, kemampuan teknis, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama, kemampuan untuk beradaptasi, dan keinginan untuk belajar tentang tren baru. Seorang spesialis SEO dapat menerima gaji sekitar 5 juta untuk posisi junior dan 9 juta untuk posisi senior, tergantung pada kemampuan mereka.


Social Media Specialist

Seorang spesialis media sosial adalah orang yang berfokus pada mengelola konten di berbagai platform media sosial yang dimiliki oleh sebuah merek dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek, menciptakan interaksi dengan pelanggan, dan meningkatkan angka penjualan.

Tugas dari seorang spesialis media sosial termasuk membuat rencana konten untuk mengelola konten di media sosial, membuat konten yang menarik, berinteraksi dengan pengikut mereka, dan melakukan tindakan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Spesialis media sosial juga bertanggung jawab untuk menganalisis data dan mengukur kinerja kampanye media sosial, serta melakukan riset pasar untuk memahami tren dan preferensi pelanggan. Mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang algoritma media sosial dan kemampuan dalam mengelola iklan berbayar untuk mencapai hasil yang optimal. 

Oleh karena itu, seorang spesialis media sosial harus memiliki keahlian berikut: pemahaman yang mendalam tentang alat media sosial, kemampuan untuk mengikuti tren terbaru, kemampuan untuk membuat konten yang menarik, dan keterampilan cerita yang baik. Seorang spesialis sosial media level pemula dapat memperoleh rata-rata 5,1 juta dolar per bulan, menurut Indeed.


KOL/Influencer Specialist

Mereka yang memiliki pengaruh besar dan banyak pengikut, seperti selebriti, YouTuber, dan blogger, adalah spesialis KOL yang bertanggung jawab atas keberhasilan kerja sama antara perusahaan dan KOL dalam menjalankan kampanye.

Biasanya, merek bekerja sama dengan KOL yang berkaitan dengan barang dan jasa yang ditawarkannya. Oleh karena itu, spesialis KOL bertanggung jawab untuk melakukan riset tentang KOL atau lembaga tersebut, membangun hubungan, mengelola kinerja KOL, dan memberi arahan tentang strategi kampanye.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memantau dan menganalisis hasil kampanye serta memberikan laporan kepada perusahaan. Selain itu, spesialis KOL juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan KOL dan memastikan kerja sama berjalan lancar. 

Agar kerja sama dan kampanye berhasil, seorang KOL spesialis harus memiliki kemampuan seperti logika berpikir, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, dan kemampuan analitik. Saat ini, banyak bisnis membutuhkan spesialis KOL. Menyesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman, seorang KOL spesialis dapat menerima gaji sekitar 4 hingga 6 juta rupiah per bulan.


Copywriter

Copywriter, menurut Fiverr, bekerja dengan menulis teks yang menarik yang mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu, seperti membeli sesuatu. Mereka juga bertanggung jawab untuk menghasilkan konten yang kreatif dan menarik untuk iklan, situs web, dan media sosial. Sebagai seorang copywriter, kreativitas dan pemahaman yang baik tentang target audiens sangat penting.

Copywriter juga harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten yang persuasif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan penjualan atau interaksi dengan pelanggan. Copywriter yang baik harus memiliki pemahaman yang kuat tentang target audiens dan strategi pemasaran.

Banyak perusahaan mengandalkan copywriter untuk membantu mereka mencapai tujuan penjualan mereka. Seorang copywriter tidak hanya harus dapat menulis dengan baik, tetapi mereka juga harus memahami target audiens, dapat membangun cerita yang persuasif, dan dapat melakukan riset dan analisis untuk menyampaikan pesan dengan baik. Di antara berbagai perusahaan, gaji copywriter sangat beragam, mulai dari 3–5 juta untuk pekerja baru hingga 6 juta untuk pekerja senior.


Content Writer

Mungkin ada banyak orang yang masih kesulitan membedakan antara penulis konten dan penulis skrip. Meskipun keduanya memiliki tugas menulis, tujuannya berbeda. Berbeda dengan penulis konten, penulis konten membuat konten yang lebih persuasif.

Mereka fokus pada membuat teks yang menarik dan menginspirasi pembaca untuk mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan tertentu. Penulis konten juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan visibilitas konten mereka di mesin pencari.

Baca Juga: Cara Bisnis Digital Tips Untuk Memulainya.

Seorang penulis konten harus melakukan riset untuk mendapatkan informasi dan data yang kredibel dan akurat agar kontennya informatif. Seorang penulis konten juga harus membuat, mengelola, dan mengevaluasi konten. Ini berarti mereka harus pandai menulis, mengikuti tren, dan tahu tentang SEO. Berdasarkan data Glints, seorang penulis konten rata-rata menerima gaji sekitar 5 juta rupiah.


Dengan munculnya berbagai jenis pekerjaan baru di era digital, banyak peluang karir muncul, seperti di bidang digital marketing. Jika kalian tertarik untuk memulai karir di bidang ini, kalian dapat mempelajari lebih lanjut tentang bidang tersebut dan mulai memperbaiki dan meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk posisi tersebut.



Kunjungi dan Follow blog kami di Google News


0 Responses to "5 Pekerjaan Markketing Digital yang Paling Dibutuhkan di Era Digital "

Post a Comment

I will try to revisit your blog.
Comments containing active links and SPAM will not appear

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel